Still in a hencoop 2

Si TARAS

Kandang saya juga ada ayam Vietnam yang terkenal tahan pukul bernama Si Taras. Sebagaimana kita ketahui ayam Vietnam terkenal dengan nama Saigon Bulu dan Saigon Gundul. Taras ayam dari jenis Saigon Gundul Original Import. Pernah di tes,  musuh terkena pukulan Taras badannya membiru dan esoknya mati. Kedua jalu patah bekas memukul kandang karena mengadu tidak ketahuan, ayam yang satu didalam dan yang satunya lagi diluar kandang. Satu anakan Taras  bernama Si Golok terbang ke Palembang dan sudah win 3x. Beberapa ekor ngorbit di Tangerang, tapi kehilangan jejak karena pembelinya tidak kenal. 

Still in hencoop

Si Belut

Kandang saya saat ini memiliki diantaranya ayam dari jenis MATHAI (Burma-Thailand). Ada juga yang menyebutnya MAKOK (Burma-Bangkok) yang saya beri nama Si Belut untuk pacekan, tapi masih bisa tempur. Ayam ini win 3x bertarung dengan gaya yang luar biasa benar- benar susah dipegang dan antilock. Kecepatannya luar biasa dengan pukulan keras. Sayang sekarang sedang kena penyakit ngorok sejak pergantian cuaca panas kemusim hujan. Kekurangannya susunan jalu agak sangket dan kecil, sehingga ayam ini cenderung hanya dapat adu pukul saja. Belum sempat di foto, tapi anakannya 3 ekor sudah terbang ke Palembang dengan berjalu bagus (silangan dari indukan) dan ketiganya sudah win 2 dan 3x.

EXPERIENCE

Pada suatu ketika saya pernah iseng kalau lagi tidak ada kerjaan menjantur ayam yang dipegang bulu ekornya keatas dan kakinya masih menyentuh ubin licin, sehingga ayam tsb mengepakan sayapnya dan saya belum melepaskannya kalau belum ayam itu keletihan untuk beberapa kali. Kalau ayam itu sudah pulih saya berikan latihan dorong kedepan sambil mengganjal lehernya dengan tangan kekiri dan kekanan beberapa kali. Setelah itu saya latih lompat tinggi beberapa puluh kali. Seharusnya latihan tsb harus dibarengi abar (sparing). Berhubung ayam saya pada waktu itu cuma punya satu ekor ayam, ya terpaksa tidak bisa di abar. Iseng saya bawa ketempat teman, barangkali saja ada teman mau sparing. Kebetulan ada yang bawa ayam sama besar dengan ayam saya, bahasa gaulnya “ngetrek banget dah”.  Orang yang membawa ayam tsb mau sparingan tapi harus taruhan. Jelas saya tidak berani karena sama sekali belum pernah saya abar. Teman yang punya tempat langsung saja bilang, ” biar pak saya yang taruhan”. “Jangan ayam ini belum pernah di abar” Tetapi teman saya yang sipatnya agak panasan sama sekali tak gentar dengan ajakan lawan. Jadilah pertarungan digelar. Pada ronde pertam keadan ayam masih seimbang. Setelah diairi ayam di cul ronde ke-2, tetapi diluar perkiraan saya tiba- tiba musuhnya kaget terkena pukulan yang kelihatannya tidak keras. Dalam hitungn detik musuhnya kabur melarikan diri lompat dari ring. Yah saya belum pernah sparingan, tetapi saya tau benar keturunan ayam saya. Pacekan wiringgalih win 3x dan indukan hitam yang keduanya F1.

Mitos deui euy……

JENGGER SUMPEL yang terkenal dengan sebutan  SUMUR BANDUNG konon ayam yang mengecewakan. Menurut mitos musuh yang nyaris kalah malah ditinggal pergi. Saya belum pernah membuktikan, bagaimana dengan anda? (Believe or not)

Mitos

Dalam bahasa sunda CELI BODAS artinya KUPING PUTIH, tetapi apabila ditukar tempatnya menjadi BODAS CELI akan menjadi kata kiasan yang artinya PENAKUT. Nah apabila anda memiliki ayam BERKUPING PUTIH, maka biasanya ayam itu PENAKUT. Silahkan anda buktikan, bahwa ternyata mitos itu 90 % benar, saya sudah membuktikannya. Namun demikian berarti masih ada kemungkinan kecil pemberani. (Plese believe or not)