KLASIFIKASI AYAM LAGA

*Klasifikasi Ayam Laga*

Berdasarka hasil pengamatan pakar ayam laga masa kini, ada 4 type ayam yang perlu diketahui:

A.    BASIC TYPE

B.    MODERN TYPE

C.    INTERMEDIATE TYPE

D.   ADVANCED TYPE

Untuk merebut pasar Ayam laga yang sangat prospektif di Indonesia rupanya para peternak di Thailand yang  jeli akan potensi melebarkan  sayap dengan membuat segmentasi baru berupa Ayam Burma. Seiring berjalannya waktu di Indonesia permintaan ayam burma semakin meningkat hal ini di sebabkan kebiasaan di Indonesia yang sering menggunakan Jalu ( Tanpa di bungkus ) dalam pertarungan ayam laga . Memang  selama ini di Indonesia orang lebih suka adu Jalu dari pada adu teknik dan pukul ,  namun perlu kita garis bawahi pertarungan dengan Jalu terbuka lebih spekulatif jadi unsur hoki / keberuntungan sangatlah dominan sedangkan unsur skill dan teknik ayam menjadi hal yang sekunder . Sehingga di Indonesia ada Rumusan  “ Ayam  Bagus Belum Tentu Menangan Sedang Ayam Menangan Belum Tentu Bagus” . Hal ini sangat bertolak belakang dengan kebiasaan di Thailand sendiri yang selalu membukus jalu di setiap pertarungan jadi memang SKILL , TEKNIK dan PUKULAN ayam yang menjadi unsur penentu kemenangan, sedangkan unsur hoki / keberuntungan tetap ada namun sangat minim pengaruhnya. Sehingga di Thailand ada Rumusan “ Ayam Bagus Selalu Menangan Sedang Ayam Menangan Bisa Dipastikan Adalah Ayam Bagus “ .

Kembali ke topik ayam laga terkini untuk lebih membakar gairah pasar di Inonesia para peternak di Thailand mengembangkan  Ayam  Burma menjadi beberapa varian ,  dimana setiap varian mempunyai cirri fisik dan teknik yang spesifik namun tetap tidak meninggalkan unsur utama Trah Burma yaitu pukul Pranggal / Timpuk / Sawat / Gombel yang tajam dan akurat. Namun tidak semua peternak Tahiland punya orientasi bisnis , ada juga yang tetap mempertahankan gaya Ortodoks khas ayam Thailand yaitu ayam Pukul dan teknik . Adapun Peternak yang menganut aliran ini ada di daerah Thailand selatan mereka juga meluncurkan produk terbaru mereka dengan merk dagang Pakhoe ( Bangkok Selatan) hanya saja peternak golongan ini nampaknya terlalu fanatik dengan produk terbaru mereka sehingga Ayam Pakhoe ( Bangkok Selatan) tidak dijual bebas seperti ayam  Burma yang bahkan di kembangkan menjadi berbagai macam Varian Pama . Akibatnya kelebihan ayam ini tidak bisa dirasakan luas oleh Penghobi di Indonesia , padahal kemampuan ayam ini lebih menonjol pada Teknik bertarung dan Pukulan yang melebihi ayam Bangkok Pada Umumnya .

Tidak ada salahnya Kita Sebagai peternak mengikuti trend ayam aduan terkini namun janganlah membabi buta karena tidak ada trah yang sempurna , setiap trah ada kekurangan dan ada juga kelebihan . Hati hati dalam memilih penjual karena di Thailand pun banyak penipu jangan sampai salah alamat cari sasana di Thailand. Apapun trahnya belilah yang Kualitas nomor wahid dan upayakan  untuk tidak beli Ayam Untul Import. Waspadai ayam dari Importir di Indonesia karena ada rumusan “ Ayam Yang Di Jual Importir Kita Adalah Ayam Yang Kira Kira Laku Di Indonesia , Bukan Ayam Yang Terbaik Di Thailand “ . Silahkan renungkan rumusan tersebut . Namun sebagai peternak kita hendaknya harus senantiasa mengambangkan ayam adauan di Indonesia sehingga tidak dikenal Final Genetik yang artinya pengembangan genetik pada ayam aduan tidak boleh berhenti dan harus senantiasa dikembangkan dengan melakukan berbagai macam crossbreeding antara satu trah dengan trah yang lain , berikut adalah beberapa Trah ayam aduan yang ada dewasa ini :

A.   BASIC TYPE

1.    Ayam Bangkok (Thailand)

ayam bagkok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis ini memang paling populer di kalangan penghobi ayam aduan , mengingat ayam Bangkok tidak hanya dikenal memiliki pukulan yang bagus tapi juga memiliki teknik bertarung yang cukup beragam. Tidak heran hingga terjadi Majas Metonimia di kalangan penghobi ayam aduan semua ayam disebut ayam Bangkok. Ayam Bangkok tidak hanya adu pukul, tetapi juga bisa adu jalu bahkan tidak jarang menggunakan jalu pasangan. Kecerdikan ayam Bangkok dalam bertarung inilah banyak penghpbi ayam aduan yang fanatik , sehingga mereka meyakini ayam Bangkok import memiliki kualitas yang lebih bagus disbanding dengan yang diternak di Indonesia , padahal tidak selamanya benar . Memang yang Import lebih bagus itu hal wajar , selain ongkos kirimnya mahal dam ayam yang dibeli harus berkualitas super. Sementara di Bangkok sendiri yang kualitasnya biasa saja cukup banyak.

2.    Ayam Saigon (Vietnam)

ayam saigo gundul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayam Vietnam atau lebih dikenal dengan ayam Saigon, Jenis yang satu ini memiliki kelebihan pukulan yang cukup keras dan ketahanan badan yang luar biasa , namun versi awal dari ayam Saigon ini kurang memiliki  teknik bertarung namun versi sekarang dari ayam ini sudah sama cerdiknya dengan ayam Bangkok . Tentu saja ayam Saigon akan selalu unggul jika berhadapan dengan jenis ayam lain yang mengandalkan jual beli pukulan. Size ayam Saigon rata – rata besar sehingga untuk kalangan kelas bawah terkadang sulit untuk mencari gandeng . Ketahanan dan kehebatan ayam Saigon inilah yang akhirnya mengilhami para peternak untuk menyilang dengan ayam Bangkok atau jenis lain yang diharapkan dapat saling menutupi kekurangan.

3.    Ayam Burma (Myanmar)

ayam birma

 

 

 

 

 

Kelebihan ayam Birma saat pertarungan pertama, jenis ayam ini memiliki kemampuan memukul tanpa harus mematuk terlebih dahulu (Nyawat, Mranggal, Timpuk / Gombel) . Sehingga jika saat babak pertama sudah mengenai bagian lawan yang fital , bukanlah hal yang mengherankan bila ayam birma ini bisa memenangkan pertandingan. Walau pukulan ayam birma ini tidak seberat Bangkok apalagi Saigon tapi ayam ini dengan teknik nyawatnya yang sangat jitu.Ayam birma dikenal pandai didalam menghindar dengan jalan mundur ke belakang / kesamping sambil melemparkan pukulan nyawat hal ini tentunya akan sangat menyulitkan ayam dengan teknik ngunci . Karena ayam ini selalu jaga jarak dan jarang mematuk sehingga lawanpun akan sulit mematuk yang selanjutnya juga akan sulit melepas pukulan sehingga tidak jarang lawan akan mati gaya dan kebingungan bila bertemu dengan ayam birma yang selalu jaga jarak dan tidak mau beradu (tempel) leher didalam sebuah pertarungan .

4.    Ayam Shamo Brazil (Brazilia)

ayam shamo brazill

 

 

 

 

 

Ayam Brazil merupakan Trah ayam Shamo yang berasal dari Jepang lalu dikembangbiakkan di kepulauan Amerika selatan , ayam ini berpenampakan seperti ayam Pelung di Jawa Barat badan tampak tinggi , tulangan kasar secara umum gerak geriknya tidak begitu lincah terkesan lamban , karena ayamnya tinggi otomatis kaki nya juga sangat panjang kurang proporsional . Ayam Brazil termasuk ayam botoh (disukai botoh) kinerja mirip mesin disel baru menunjukkan Top performa saat kondisi sudah panas, begitu pula dengan Ayam Brazil di air pertama dan kedua ayam ini apit asor dengan teknik yang kurang bagus namun setelah air ketiga dan seterusnya teknik baru tampak aslinya dan akan mendominasi hingga tetes darah lawan yang terakhir.Namun kalau Ayam Brazil ini kalah pantang bago ayam Brazil untuk keok apalagi lari keluar arena hanya ada satu kata bagi ayam Brazil menang atau mati terhormat diarena.

5.    Ayam Shamo Taiwan (Taiwan)

ayam shamo taiwan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayam Taiwan merupakan Trah ayam Shamo yang berasal dari Jepang lalu dikembangbiakkan di kepulauan Taiwan (Formosa) . Merupakan ayam dengan postur tinggi nan atletis dengan ukuran Tinggi hingga 75 cm untuk ukuran ayam Jantan rata rata 4 – 5,5 Kg untuk ukuran ayam betina antara 3 – 3.5 Kg namun banyak juga yang lebih besar dari berat rata rata, Pegangan mberang / Prahu , Badan terkesan sangat panjang. Ayam Taiwan punya pukulan yang sangat keras rata rata mengarah ke kepala lawan terkadang ada ketip bulu sehingga yang di patuk tidak hanya kepala namun juga punggung dan leher.Untuk teknik rata rata kontrol aktif sangat cepat ( Tempel pukul ) namun ada pula yang berteknik ala Bangkok peluk kanan kiri , ngalung , bongkar sayap dll .Ayam Taiwan mempunyai mental yang sangat bagus dan pantang menyerah dalam sebuah pertarungan hanya saja pada saat remaja ayam baru berani ayam sekitar umur 8 -9 bulan namun ada juga yag lebih awal.

6. Ayam Aseel (Turki)

Ayam Aseel Turki

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aseel juga dapat ditemukan di turki. Ini adalah dikenal sebagai ‘ petunjuk horozu ‘. Ini berarti ‘ ayam dari hindustan ‘ yang jelas menunjukkan asal usul ini berkembang biak. Kata sumber turki ini aseel, diperkenalkan di turki di masa utsmaniyah ( abad ke-14 ) oleh pedagang dan seafarers. Dalam jenis ‘ petunjuk horozu ‘ yang sedikit keluar dari barisan dan menampilkan fitur terlihat di reza, besar india utara dan selatan aseel. Berat aseel berbeda dari turki 5,5 hingga 10 ( 2,5 ke 4.5 kg ). Mereka mencapai ketinggian sekitar 25 ‘ ( 65 cm ). Petunjuk horozu yang berjuang di alam spurs. Namun, sebelum memerangi mendapat pada ketajaman spurs dan paruh itu diambil menggunakan amplas. Di turki, sebuah ‘ petunjuk horozu ‘ ayam dipandang sebagai simbol strenght, kesuburan dan kedewasaan. Setiap tahun turnamen besar yang diselenggarakan di kota-kota istanbul, ankara, izmir dan antalya. Sumber: werner lamkemeyer jr ( jerman )

B.    MODERN TYPE

1.    Ayam Pama

Trend Ayam laga sekarang ini telah mengalami suatu perubahan kemajuan yang sangat besar.. Ayam Pama mempunyai jenis permainan yang bisa dibilang unik dimana tingkat akurasi/ ketepatan pukulannya sangat tinggi. Pukulannya yang keras & cepat selalu mengenai bagian kepala, mata & paruh. Tehnik permainannya yang unik, dimana banyak sepak (Tembak / mranggal) dan devensif susah masuk belit selain tidak makan pancing (Lock) telah banyak menyebabkan ayam dari jenis  Bangkok Biasa (Thai) yang terkenal dengan super lock harus sering tersungkur di dalam gelanggang. Evolusi Pama telah berlaku di Thailand di mana saat ini telah berhasil dikembangkan beberapa varian Pama antara lain :

  1. Ayam Pama Original (Burma 100 %)
  2. Ayam Pama Gostan (Burma  Gostan)
  3. Ayam Pama Rambong (Burma Rambong)
  4. Ayam Pama Mabin / Krapaimak (Burma Mabin))
  5. Ayam Pama Malow / Krawing (Burma Malow)
  6. Ayam Pama Kradungtong (Burma Kradungtong)
  7. Ayam Pama Drunk / Kramao (Burma Mabuk)
  8. Ayam Pama Mata Guli = Mata Katak ( Burma Kranungtakok )
  9. Ayam Pama-Thai (Mathai)
  10. Ayam Pama-Saigon (Magon)
  11. Ayam Pama- Malaysian Khoy (Pakhoy / Makhoy )
  12. Ayam Pama-Brasil (Masil / Brasilian)

2. Ayam Bangkok Selatan/ Ayam Thailand Selatan ( Pakhoe = Pakhoy)

Merupakan pengembangan ayam BK biasa dengan teknik dan breeding yg belum ketahui krn memang dirahasiakan. Ayam ini dirancang untuk tarung dengan semua jenis trah sehingga ukuran bervariasi dr 3 kg – hingga yang jumbo. ayam assembled Tahiland selatan ini mempunyai kelebihan di banding BK bisa antara lain di langkah , tengok terutama Pukulannya yang sangat tajam dan panas (jauh diatas rata rata Bk Biasa). Namun ayam ini kurang populer karena Peternak developer trah ini agak fanatik dan tidak dijual bebas sehingga trah ini tidak begitu booming seperti rivalnya Burma dan Varian Pamanya .

AYAM PAKHOY SEBAGAI GENERASI AYAM ADUAN MODERN

Ayam Pakhoy / pakhoe / packoi / Pama khoy, merupakan salah-satu generasi ayam aduan modern. Nama ini diambil dari istilah di negeri Siam yang diartikan sebagai penumpas setan atau pembunuh setan  (ฆ่าปีศาจ), setan yang dimaksudkan disini adalah sebutan untuk jenis ayam Burma / Myanmar

Karakter paling mudah untuk menentukan jenis ayam ini adalah pada gaya permainannya adalah dominan mematuk punggung lawan dan memukul keras kearah badan dan sayap, yang terkadang biasa disebut ayam cangkul. tehnik permainannya seperti ayam Bangkok ada peluk, nyayap, kilas, nyorok kebawah bongkar dan pukulanan keras ke sembarang badan.  pada awalnya generasi ayam Pakhoy sengaja (maaf) diciptakan tentunya dari beberapa kelemahan yang ada pada ayam Burma / Pama, namun sekarang ini sudah banyak jenis generasi yang berasal dari basic dasar ayam pakhoy ini seperti MAKHOY (pama-pakhoy), PATHAI (pakhoy-angkok thai), Pagonthai (pakhoy-saigon-thai) dll.

Postur ayam pakhoy biasanya memiliki body yang panjang tulangan bagus kasar lebih mendatar dan menunduk (tidak tegap gagah seperti ayam Bangkok umumnya), awalnya ukuran size lebih kecilan seimbang atau sedikit lebih besar dibanding dengan ayam Burma, karena memang awal-mulanya hanya untuk membantai ayam Burma. Warna bulunya kebanyakan seperti ayam Bangkok umumnya.

Pengamatan kami dari pengalaman jenis ayam Pakhoy ini ada beberapa kelemahan yang perlu menjadi perhatian kita semua, bahwasanya ayam Pakhoy ini biasanya memiliki mentalitas yang kurang baik untuk bertanding dalam waktu yang lama, dan pukulannya lebih cenderung kearah badan. Gerakan ayam pakhoy cenderung mendatar dan kebawah karena memang awalnya digunakan untuk melawan ayam Burma saja, sebagaimana kita ketahui gaya permainan ayam Burma cenderung menampar ke muka dan bagian atas.

Ayam Aduan menjadi bermakna bukan hanya dari ayam yang kita miliki memang baik akan tetapi kita dituntut harus bisa memahami karakter ayam kita dan harus mampu memperkirakan secara tepat lawan ayamnya.

Sesungguhnya dapat disimpulkan, bahwa tidak ada satu RAS atau jenis ayam yang paling tangguh, paling hebat, atau paling jawara. 
Tindakan gegabah dalam rawatan, tandingan dan gaya tarung a, hanya akan merugikan kita. Sekali lagi ditandaskan jika ingin menang harus jeli dan teliti mencari lawan tarung.

Contoh beberapa ayam pakhoy

pkhy3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pkhy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pkhy2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    INTERMEDIATE TYPE

1.1 .   AYAM PAMA ORIGINAL (Burma 100%)

AYAM BURMA1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Size & rangka tulang yang relatife lebih kecil (tipis) untuk ayam aduan kebanyakan, beratnya kisaran 2,0 Kg hingga 2,7 Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna kurang menarik (jalak,kelabu,coklat hitam)
  • Kaki kecil kering bulat berwarna kegelapan (biru,hijau,hitam)
  • Gaya bertarung adalah menghindar & memukul nyawat/mranggal/menembak memukul tanpa mematuk, tentunya dengan tingkat efektifitas & akurasi / ketepatan pukulan hingga 90% mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan)
  1. 2.    AYAM PAMA GOSTAN ( Burma Gostan )

AYAM BURMA2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Gostan artinya atret atau mundur
  • Size & rangka tulang yang sedikit lebih besar dibanding ayam pama original, beratnya kisaran 2,3 Kg hingga 3,0Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna lebih menarik (jalak,kelabu,merah coklat)
  • Kaki kecil kering bulat berwarna lebih cerah (kuning ,coklat kekuningan)
  • Gaya bertarung adalah devensif atau menghindar selalu bergerak mundur & nyawat / mranggal / menembak memukul tanpa mematuk, tentunya dengan tingkat efektifitas akurasi / ketepatan pukulan hingga 90% mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan)
  1. 3.    AYAM PAMA RAMBONG ( Burma Rambong )

AYAM BURMA3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Rambong artinya menari (joget)
  • Size & rangka tulang yang sedikit lebih besar dibanding pama original, beratnya kisaran 2,3 Kg hingga 3,0 Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna cantik menarik (jalak,kelabu,merah coklat)
  • Kaki kecil bulat kering berwarna agak gelap ( hijau biru, kekuning)
  • Gaya bertarung agresif & bergerak lincah seperti penari bergoyang kekiri kekanan  & nyawat/mranggal/menembak memukul tanpa mematuk, tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan hingga 90% mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan)
  1. 4.    AYAM PAMA MABIN ( Burma Mabin )

AYAM BURMA4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Mabin artinya Kuda lompat
  • Size & rangka tulang lebih besar dibanding ayam pama original berat bisa mencapai 2,7kg  hingga 3,2Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna menarik ( jalak kemerahan, kelabu, merah coklat )
  • Kaki kecil kering bulat berwarna cerah
  • Gaya bertarung adalah agresif devensif memukul sambil melompat menghindar & nyawat / mranggal / menembak memukul tanpa mematuk, tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan hingga 90% mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan)
  1. 5.    AYAM PAMA MALOW ( Burma Malow )

AYAM BURMA5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Malow artinya lari
  • Size & rangka tulang lebih besar dibanding ayam pama original berat bisa mencapai 3,5 kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna lebih menarik ( jalak, kelabu, merah coklat )
  • Kaki kecil kering bulat berwarna terang ( biru, hijau, coklat, kekuningan )
  • Gaya bertarung adalah devensif & agresif artinya sambil menghindar sambil memukul nyawat / mranggal / menembak memukul tanpa mematuk, tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan hingga 90% mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan)
  1. 6.    AYAM PAMA KRADUNGTONG ( Burma Kradungtong )

AYAM BURMA6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Kradungtong artinya Kancing emas
  • Size & rangka tulang lebih besar dibanding ayam pama original berat bisa mencapai 3,2Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna gelap ( jalak, kelabucoklat, merah hitam )
  • Kaki kecil kering bulat berwarna gelap ( biru, hijau,coklat, kekuningan )
  • Gaya bertarung adalah devensif & agresif artinya sambil menghindar sambil memukul nyawat / mranggal / menembak memukul tanpa mematuk, tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan hingga 90% mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan)
  1. 7.    AYAM PAMA DRUNKEN ( Burma Mabuk / Burma Kramao)

AYAM BURMA7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Drunken artinya Mabuk
  • Size & rangka tulang lebih besar dibanding ayam pama original berat bisa mencapai 3,0Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna gelap ( jalak gelap, kelabucoklat, merah hitam )
  • Kaki kecil kering bulat berwarna gelap ( biru, hijau, coklat, hitam )
  • Gaya bertarung adalah devensif & agresif artinya sambil menghindar sambil memukul nyawat/mranggal/menembak memukul tanpa mematuk, tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan hingga 90% mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan) bahkan sambil jatuh ayam ini masih bisa  memukul seperti mabuk
  1. 8.    AYAM PAMA TANDAM = MATA GULI= MATA KATAK(Burma Kranungtakok )

AYAM BURMA8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • karena mirip katak
  • Size & rangka tulang lebih besar dibanding ayam pama original berat bisa mencapai 2,5kg 3,0Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna gelap ( jalak, kelabucoklat, merah hitam )
  • Kaki kecil kering bulat berwarna gelap ( biru, hijau,coklat, kekuningan )
  • Gaya bertarung adalah devensif & agresif artinya sambil menghindar kekiri kekan maju mundur sambil memukul nyawat / mranggal / menembak memukul tanpa mematuk, tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan hingga 90% mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan) 
  1. 9.    Ayam PAMA-THAI (Mathai)

mathai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Mathai adalah silangan pama dengan Thailand (ayam Bangkok)
  • Size & rangka tulang lebih besar dibanding ayam pama original berat bisa mencapai 3,5Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna lebih menarik (jalak,kelabu,merah coklat)
  • Kaki kecil kering bulat berwarna terang seperti ayam bangkok ( hijau, putih kekuningan, hitam )
  • Gaya bertarung adalah seperti ayam Bangkok ada tempel kiri kanan memancing lock dengan pukulan adalah pukulan keras pama tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan)

10. Ayam PAMA-SAIGON (Magon)

magon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Magon adalah silangan ayam pama dengan ayam Saigon (vietnam)
  • Size & rangka tulang kasar besar berat bisa mencapai 3,0 Kg hingga 4,0 Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna gelap kurang menarik ( jalak, kelabu, merah coklat, merah hitam )
  • Kaki besar merit kering bulat berwarna gelap ( biru, hitam, kuning coklat )
  • Gaya bertarung adalah sedikit lambat seperti ayam Saigon adalah  ada tempel kiri kanan memancing lock dengan pukulan adalah pukulan keras pama tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan mengenai kepala (mata, paruh, tenggorokan)
  1. 11.  Ayam PAMA-PAKHOY (Makhoy)

makhoy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Makhoy adalah silangan pama dengan Pakhoy / pakhoe (ayam matuk punggung)
  • Size & rangka tulang lebih besar dibanding ayam pama original berat bisa mencapai 3,2Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna lebih menarik (jalak, kelabu, merah coklat)
  • Kaki kecil kering bulat lebih pendek berwarna terang seperti ayam bangkok
  • Gaya bertarung adalah seperti ayam Bangkok akan tetapi mematuk sembarangan ada tempel kiri kanan memancing lock dengan pukulan adalah pukulan keras syaraf kearah badan & kepala tentunya dengan tingkat akurasi / ketepatan pukulan mengenai badan & kepala

12. Ayam PAMA-BRASIL (Masil / Brasilian)

masil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memiliki ciri :

  • Masil adalah silangan pama dengan ayam Brasilian biasanya di sebut ayam Brasil
  • Size & rangka tulang lebih besar dibanding ayam pama original berat bisa mencapai 2,9kg –  3,5Kg
  • Berbulu lebat & biasanya berwarna gelap (jalak,kelabu,merah coklat)
  • Kaki kecil kering bulat berwarna terang seperti ayam bangkok
  • Gaya bertarung adalah berdiri kontrol kiri kanan tidak bisa di lock / pancing & nampak tidak keras akan tetapi ada efek yang sangat mematikan 
  • Kelebihan ayam Brasil adalah pada mental & daya tahan yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan jenis ayam aduan lainnya, selain juga ketepatan pukulan kearah syaraf mematikan

 

D.   ADVANCED TYPE

1.    Ayam Generasi Mutahir New Breeding 3 Darah & 4 Darah

Generasi termutakhir adalah generasi dari crossbreeding antara beberapa jenis ayam aduan tersebut diatas adalah generasi 3 darah atau  4 darah, bahkan 5 darah keturunan dan tentunya dengan karakter yang diharapkan dari jenis ayam ini adalah jenis ayam laga dengan gaya bertarung yang sangat luar biasa baik kecepatan pukulannya maupun permainannya, sehingga mampu di tandingkan dengan segala jenis ayam aduan apapun.

Terima kasih semoga bermanfaat dan ini bukan satu- satunya rujukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s